Fotografi Produk, Elemen Kesuksesan UMKM Tingkatkan Penjualan

IMG_1714 (1)

Malang, 21 Juli 2017 – Produser WhichTestWon’s The Live Event, Justin Rondeau mengatakan jika fotografi produk memegang peranan penting dalam meningkatkan jumlah penjualan produk pada sebuah toko online.

Sayangnya hingga saat ini masih banyak Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) masih mengabaikan hal ini. Selain karena pengetahuan mereka soal fotografi masih minim, banyak juga yang menganggap untuk menghasilkan foto produk yang bagus dibutuhkan peralatan yang lengkap dan mahal.

Fotografer profesional muda asal kota Malang, Septa Twi menjelaskan untuk menghasilkan foto produk yang berkualitas tidak dibutuhkan peralatan mahal, cukup dengan menggunakan benda yang ditemui sehari-sehari.

“Tips dari saya adalah siapkan produk yg ingin difoto. Siapkan lighting, lampu belajarpun juga bisa yang penting dapat memberikan pencahayaan yang cukup. Kombinasikan semenarik mungkin dengan warna produk, penataan produk dan detail. Perhatikan juga benda-benda yang berhubungan. Pakai kertas kalkir atau akrilik untuk melembutkan cahaya yang menyebar. Kalau bisa, bagian sekelilingnya harus gelap supaya produk lebih dominan,” tutur pemuda yang berkecimpung di dunia fotografi sejak 2014.

Septa juga memaparkan kriteria foto produk yang menarik agar diminati oleh pembeli. “Kriteria foto produk yang baik adalah foto yang terlihat detail, komponen dan gaya fotonya baik. Foto juga harus memadukan warna supaya serasi dan menarik, dan yang terakhir pemahaman terhadap pengetahuan produknya.  

Pria yang menempuh pendidikan di Universitas Brawijaya jurusan Ilmu Komunikasi ini akan memaparkan lebih detil tentang teknik mengambil foto produk yang berkualitas dalam kegiatan Roadshow #PahlawanDigital ketujuh yang digelar di Ngalup Coworking Space, Jumat (21/7).

Kegiatan Roadshow ini merupakan tahapan awal rangkaian #PahlawanDigital sebelum sesi Breakout dan Online Course. Kegiatan ini bertujuan untuk menginspirasi para calon buzzer, si jago marketing dan anak muda yang piawai di bidang desain sebagai crafter untuk dapat berkolaborasi dengan UMKM nantinya.

#PahlawanDigital sendiri merupakan program yang diinisiasi oleh Jagoan Hosting dan didukung oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia yang bertujuan untuk menjadikan Indonesia sebagai kekuatan ekonomi digital terbesar di Asia dengan nilai transaksi e-dagang mencapai USD 130 milyar.

Kalau kamu mengaku anak muda yang siap berkontribusi untuk Indonesia yang lebih baik, segera daftar #PahlawanDigital di www.pahlawandigital.com.

Comments

comments