Haddy El Nath, Mulai Dari Kasir Supermarket Jadi Bos Studio Fotografi Ternama Di Malang

Sebelum memulai bisnis fotografi seperti sekarang, Haddy berpindah-pindah kerja mulai jadi operator prepress koran, kasir supermarket dan editor di salah satu studio foto di Malang. Tapi karena tak betah bekerja kantoran, Haddy pun mulai menekuni bidang fotografi. Dari sekadar iseng, ternyata karyanya diminati banyak orang. Akhirnya tawaran untuk foto prawedding, pernikahan, foto keluarga dan ulang tahun pun mulai bermunculan. Dari situlah akhirnya ia mendirikan Elnath Studio.

“Sejak mengenal kamera, aku mulai mengabadikan mereka melalui kamera. Selain itu, karena dengan fotografi aku dapat bebas menentukan kapan dan dimana harus bekerja, jadi lebih terasa fun, tidak seperti bekerja. Apalagi aku pasti bertemu orang-orang baru dan mengunjungi tempat-tempat baru yang membuat aku nggak pernah bosan dalam bisnis ini,”tutur alumni SMKN 4 Malang ini.

Untuk memulai bisnis, Haddy bahkan sampai menguras tabungan sebagai modal. Tapi ia sama sekali tak menyesal karena kini usahanya berbuah manis. Bisnis fotografi yang dijalankannya berkembang pesat dan kliennya kini tak hanya dari lokal saja tapi juga internasional.

Haddy punya tips nih mengapa bisnisnya berkembang dengan sangat pesat. “Aku menggunakan website dan media sosial sebagai media untuk mempromosikan karya. Karena Website dimana aku menaruh portfolio dan detil-detil seputar layanan. Sedangkan Facebook dan Instagram sebagai media sosial untuk berbagi dan selalu terhubung dengan klien dan calon klien.”

Menurut Haddy memulai bisnis bukanlah sesuatu yang sulit. Kuncinya adalah terus konsisten dan sering lakukan riset agar dapat menemukan banyak hal yang baru. Karena dua hal itulah yang membuat dirinya semakin jatuh cinta pada dunia yang digelutinya.

“Lakukan research terlebih dahulu sebelum memulai. Mantapkan hati untuk tetap fokus dalam keadaan apapun. dan jangan berhenti di tengah jalan, karena kalau kamu berhenti karena suatu halangan, kamu nggak tahu kejutan apa yang ada dibalik halangan tersebut. Aku pernah beberapa kali berpikir untuk berhenti dan mungkin kalau aku berhenti saat itu, aku bukan diriku yang sekarang. Keep going! Kejar mimpimu!,” Haddy berpesan.

Kalau kamu tertarik memulai bisnis sejak muda seperti haddy el nath?

 

Comments

comments