Gelar Roadshow Ke-10, #PahlawanDigital Pertemukan UMKM dengan Generasi Melek Teknologi

IMG_7844

Malang, 4 September 2017 – Kegiatan roadshow #PahlawanDigital berlangsung untuk sepuluh kalinya sejak Mei 2017. Acara yang diadakan di Aula Gedung Rektorat Lt. 5 Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang ini akan mempertemukan lebih dari 500 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (selanjutnya akan disebut UMKM - red) dengan anak muda di kota Malang. Kolaborasi yang dilakukan oleh #PahlawanDigital, Kementrian Komunikasi dan Informatika, Dinas Koperasi dan UMKM kota Malang dan juga BLANJA.com ini akan membantu UMKM lokal untuk go online.

Melalui program #PahlawanDigital yang diinisiasi oleh Jagoan Hosting Indonesia, peluang UMKM lokal untuk go online semakin besar. Program ini menggabungkan kreativitas dari sumber daya manusia terutama anak muda di kota Malang untuk memaksimalkan potensi UMKM lokal untuk menjadi lebih besar lagi.

“Saat ini UMKM memiliki banyak permasalahan. Salah satunya adalah mereka mayoritas merupakan Gen X yang kurang dapat beradaptasi dengan internet dan digital, namun mereka memproduksi barang berkualitas. Sayangnya karena tak memaksimalkan internet, akhirnya kegiatan penjualan tak dapat maksimal. Di #PahlawanDigital, UMKM akan berkolaborasi dengan anak muda yang melek digital,” tutur inisiator #PahlawanDigital, Gatot Wahyu Widardho.

UMKM kota Malang memiliki potensi besar untuk dapat go online. Menurut Dinas Koperasi dan UKM kota Malang, jumlah UMKM sudah mencapai 70.000 di seluruh kota dan kabupaten Malang. Artinya pertumbuhan ekonomi dan sumber daya manusia di kota ini terus meningkat.

Di acara ini juga UMKM akan diedukasi tentang dunia online langsung dari pakarnya. Mulai dari founder UMKM Jagoan, Dias Satria, founder UKM Malang, Adi Saraceno dan juga Owner RIF Photography, Arief Shinchan. Tak hanya itu, UMKM juga akan difasilitasi untuk mempraktikkan teknik pengambilan foto produk yang baik untuk diunggah satu – satu nya e-commerce BUMN, yaitu BLANJA.com.

Acara ini merupakan rangkaian roadshow terakhir dari #PahlawanDigital sebelum tahapan selanjutnya, Breakout. Dalam Breakout, UMKM dan anak muda akan mengikuti kegiatan match making agar mereka dapat berkolaborasi.

Kegiatan #PahlawanDigital merupakan salah satu langkah yang dilakukan agar Indonesia menjadi The Digital Energy of Asia. Presiden Joko Widodo menargetkan transaksi e-commerce Indonesia dapat melampaui nilai USD 130 milyar. Saat ini nilai transkasi e-commerce Indonesia baru mencapai USD 4,89 milyar. Artinya, proses go online UMKM akan sangat membantu meningkatkan transaksi e-commerce dan daya tarik masyarakat terhadap produk lokal.

Bagi BLANJA.com, Malang adalah kota ke-6 dari rangkaian UMKM Go Online  bersama Kemenkominfo, setelah sebelumnya roadshow ke kota Semarang, Tanjung Pandan Belitung, Cimahi, Bandung Barat, dan Jambi. Dari ke-5 kota tersebut, sudah ada kurang lebih 1500 UMKM lokal yang siap Go Online. Mengusung tagline “#BLANJAjemputUKM”, BLANJA.com berharap UMKM #BeraniMulai memasuki platform online untuk memasarkan produk-produk Asli Indonesia yang berpotensi besar untuk meningkatan ekonomi nasional.  Harapannya,  dengan sinergi bersama kali ini, UMKM kota Malang bukan hanya akan menjadi pedagang online akan tetapi juga pebisnis online. “Kami memfasilitasi dan mengedukasi para UMKM tentang cara membuat toko online hingga bagaimana cara mengelolanya”, ujar Fikri selaku Vice President BLANJA.com

Tak hanya itu, saat ini BLANJA.com dalam proses menyiapkan dan menyeleksi dan beberapa UMKM terbaik yang akan dibawa ke pasar Internasional melalui platform eBay. Semoga hal ini menjadi motivasi bagi UMKM yang sudah online untuk meningkatkan kualitas dan kompetensinya untuk Go Internasional.

Comments

comments

Leave a Comment