Desain Kemasan Berperan Penting dalam Tingkatkan Volume Penjualan UKM Malang

Malang, 4 Agustus 2017 – Desain kemasan memegang pengaruh penting dalam upaya meningkatkan penjualan suatu produk, khusunya milik Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Menurut hasil penelitian Bo Rundh dalam literatur berjudul How packaging is Influencing the Marketing Strategy, kemasan dapat menarik perhatian konsumen terhadap merek tertentu, meningkatkan citra, dan merangsang persepsi konsumen tentang produk.

Pentingnya desain kemasan terhadap sebuah produk akan dibahas secara tuntas oleh owner Ailanifood, Akhmad Nasution dalam Roadshow #PahlawanDigital kedelapan yang dilaksanakan di Ngalup Coworking Space, Jumat (4/8).

Menurut Akhmad, UMKM saat ini harus mulai memperhatikan kemasan untuk menambah nilai jual. Akhmad yang juga merupakan anggota paguyuban UKM Malang bercerita tentang rekan-rekannya di sentra keripik tempe sanan yang kini sudah mulai berbenah dengan kemasan. Sudah mulai muncul kemasan keripik tempe premium dengan desain menarik dan berbeda dengan kebanyakan keripik tempe lainnya. Pasar keripik tempe bukan hanya lagi di toko oleh-oleh, sekarang juga sudah masuk pasar modern.

Saat ini produk yang ada dipasaran semakin banyak jumlah dan jenisnya. membutuhkan pembeda antara satu produk dengan produk lainnya apalagi produk sejenis. Salah satu pembeda di sini adalah kemasan dan desainnya,” papar Akhmad.

Desain produk harus disesuaikan dengan pasar yang akan dibidik. Setiap kelas konsumen memiliki karakteristik sendiri dari bentuk, warna, grafis, merk, ilustrasi, huruf dan tata letak desain akan berbeda di setiap kelas konsumen. Di sini desain harus menyesuaikan. Desain kemasan yang baik dari sebuah produk dapat tersampaikan dan dimengerti konsumen hanya melalui visual desain tersebut.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika kita akan menentukan desain kemasan. Pertama adalah menali dulu produk sendiri baik kelebihan dan kekurangannya. Kedua, kenali konsumennya. Ketiga, desain dengan sederhana, fungsional dan dapat memberikan emosional positif bagi visual,” Akhmad melanjutkan.

Roadshow #PahlawanDigital masih akan berlanjut sebelum melangkah ke tahap berikutnya yaitu sesi Breakout yang mempertemukan UMKM dengan anak muda untuk berkolaborasi pada September nanti.

Comments

comments

Leave a Comment