Sukses Membangun Brand Bisnis di Instagram dengan 5 Tips Ini

Seminar Bisnis di Instagram

Instagram merupakan platform yang cukup ampuh digunakan untuk media pemasaran sebuah produk. Lebih dari 700 pengguna aktif setiap bulannya, Instagram menjadi media yang tidak hanya digunakan untuk membagikan konten visual. Namun Instagram lebih memberikan kemudahakan kepada hampir semua bidang untuk memanfaatkan peluang di Instagram, seperti bisnis salah satunya.

Berbisnis di era millennial, media digital dengan konten visual akan sangat disukai oleh pelanggan. Namun membangun brand untuk bisnis di Instagram bukan tanpa tantangan. Meski memang didominasi oleh konten visual, Instagram juga membutuhkan strategi untuk memperkuat dan membesarkan sebuah brand dengan konten yang dibuat.

Berikut ini adalah tips yang bisa digunakan untuk membangun brand bisnis di Instagram.

  1. Menentukan merek bisnis Kamu

Berjualan secara online tidak berbeda dengan berjualan secara offline. Bagaimanapun bisnisnya, sebagai pemilik Kamu dituntut untuk mengetahui sebanyak mungkin tentang produk Kamu. Kamu harus tahu apa dan bagaimana produk Kamu dapat membantu orang memecahkan masalah mereka. Termasuk saat Kamu akan mempromosikan produk di Instagram. Tanpa pengetahuan yang dalam, branding Kamu tidak akan berhasil

Pengetahuan seputar siapa pelanggan Kamu, akan membuat Kamu mudah menentukan konten yang sesuai dengan target bisnis Kamu. Pengetahuan ini juga akan memudahkan Kamu memberikan penawaran sesuai dengan waktu yang paling banyak membuat audiens tergerak untuk membeli.

  1. Gunakan hashtag

Jika Kamu aktif menggunakan Instagram, Kamu pasti akan sangat akrab dengan #HASHTAG. Ya, hashtag menjadi salah satu point penting saat Kamu harus mempromosikan produk dengan konten visual dan juga text. Kamu bisa menggunakan hashtag yang sesuai dengan konten Kamu, dengan target Kamu dan juga dengan jangkauan branding Kamu. Cek popularitas hashtag Kamu di hashtagify.me. Sebelum membuat konten yang menarik, pastikan Kamu tahu untuk siapa konten itu akan disebarluaskan.

  1. Mengikutsertakan Audiens

Banyak hal yang membuat pelanggan loyal terhadap sebuah brand atau merek di media sosial. Salah satunya yaitu mengikutsertakan audiens dalam setiap campaign yang dibuat. Bisa berupa kuis atau games yang membuat mereka lebih interaktif dengan kita. Kita juga tidak boleh mengabaikan komentar atau Direct Message yang mereka kirimkan kepada kita. Dari situlah kita tahu apa yang sedang mereka cari, apa yang mereka butuhkan dan saran dari mereka untuk pengembangan bisnis kita.

  1. Konsisten pada konten yang dibuat

Sebelum membuat berbagai macam konten dan mempromosikan produk melalui sosial media. Tentukan dulu konten jenis apa yang akan diposting selama Kamu menggunakan sosial media ini. Kamu bisa menerapkan konten sesuai dengan target yang Kamu tuju. Akan sangat berbeda jika pelanggan Kamu adalah mereka yang berusia muda atau mereka yang sudah terhitung dewasa. Mereka membutuhkan konten yang berbeda, dan mereka akan tertarik dengan konten yang berbeda pula.

  1. Cross Promotion

Kamu mungkin akan sangat senang saat mempromosikan produk Kamu. Mendapatkan banyak audiens dan memiliki banyak pelanggan dari campaign yang Kamu buat di Instagram. Tapi Tidak semua posting tentang 1 produk Kamu saja. Gunakan kesempatan dan peluang ini untuk mempromosikan bisnis Kamu yang lain. Kamu juga bisa menggunakan akun pribadi Kamu untuk membangun cerita tentang merek atau brand bisnis Kamu. Semakin banyak cerita tentang bisnis Kamu, semakin mudah audiens atau calon pelanggan menemukan bisnis Kamu.

Kelima tips di atas hanya sebagian kecil dari cara yang akan memudahkan brand atau merek bisnis Kamu terkenal di Instagram. Tidak bergantung dari bedanya jenis bisnis. Semua jenis bisnis bisa menggunakan cara yang sama dalam memasarkan produknya. Perlakuan akan berbeda pada jenis pasar atau target market yang sudah ditentukan oleh masing-masing bisnis.

Bahkan Kamu bisa menggunakan cara yang lain untuk membranding diri dan mendukung branding produk yang sedang kamu jual. Program #PAHLAWANDIGITAL adalah salah satu tempat yang cocok untuk kamu gunakan sebagai media belajar. Salah satu materi yang akan disampaikan pada Roadshow ke 6 nanti adalah bagaimana cara memaksimalkan personal branding untuk meningkatkan loyalitas calon pelanggan untuk bisnis kamu.

Nah, untuk kamu yang saat ini masih bingung memanfaatkan Instagram untuk mendukung bisnis kamu. Ini saatnya kamu belajar dengan mereka yang sudah ahli di bidangnya. Program #PAHLAWANDIGITAL  akan membantu kamu yang ingin berbisnis di media online untuk sukses menjalankan bisnis di Instagram. Caranya gimana? Kamu harus CEK SEKARANG JUGA di sini!

Jika Instagram bisa membuat kamu terkenal karena banyak follower, itu artinya Instagram juga bisa jadi ladang kamu untuk SUKSES BERBISNIS.

Comments

comments

Leave a Comment