Mahasiswa Seperti Kamu, Punya Peran Penting dalam Perkembangan UMKM

WhatsApp Image 2017-06-13 at 11.20.15

Indonesia mungkin harus mengalami perubahan dari segi bisnis. Saat ini, tanpa disadari produk impor sudah merajai pasar Indonesia dimana-mana alih-alih produk lokal. Kesenjangan pengetahuan dari pemilik UMKM tentang cara menguasai pasar Indonesia lah menjadi faktor utamanya. Tentu, produk lokal kaya akan kreatifitas dan nilai jual yang tinggi, namun persaingan global tentang tata cara menjuallah yang masih menjadi persoalan.

Satu-satunya cara adalah mengajari para pemilik UMKM dengan pengetahuan pemasaran yang baik. Zaman sekarang percuma bahkan tidak mungkin untuk tidak menjual produk melalui online. Peran media sosial dan website sangatlah berperan dalam kelangsungan pemasaran suatu produk UMKM.

Mahasiswa, dengan segala macam kreatifitasnya perlu berperan dalam memajukan pemilik usaha UMKM. Mahasiswa memiliki tugas penting dalam pemberdayaan semacam ini, contohnya, ya membantu pemilik UMKM. Kenapa sih harus mahasiswa? Simak ini:

Mahasiswa adalah Agent of Change

Sudah tidak asing lagi di telinga mahasiswa. Biasanya kata-kata ini muncul pada saat pertama ospek masuk perkuliahan, benar kan? Ya, mahasiswa adalah agen perubahan atau bahasa kerennya adalah agent of change. Mahasiswa dituntut memiliki pola pikir out of the box yang bisa digunakan untuk membantu sesama. Selain itu mahasiswa dibekali pengetahuan lebih dan jiwa sosial yang selalu tergerak untuk bersosial membantu orang lain dalam hal apapun. Jadi sudah sepantasnya mahasiswa membantu Indonesia dalam bidang produk lokalnya.

Mahasiswa hidup di zaman globalisasi

Hidup di zaman globalisasi artinya teknologi telah berkembang pesat. Anak muda, khususnya Mahasiswa  pasti tidak asing dengan media sosial bahkan penggunaan website.  Akan lebih baik jika penggunaan media sosial dan website digunakan sebaik mungkin hingga dalam hal membantu sesama.

Mahasiswa memiliki segudang kreativitas

Banyak prestasi yang telah dihasilkan oleh para mahasiswa. Itu semua karena kreatifitas tanpa batas yang dimiliki mahasiswa. Mahasiswa pasti memiliki cara untuk memajukan produk UMKM lokal bersaing dengan pasar global secara kreatif. Banyak produk UMKM dari tangan mahasiswa berhasil bersaing internasional. Salah satu hal, jika penggunaan jejaring sosial dapat digunakan dengan sekreatif mungkin, bukan tidak mungkin, Indonesia akan semakin maju dengan bantuan mahasiswa.

Nah, buat kamu yang masih berstatus mahasiswa, jangan diam saja. Mari bantu sesama, salah satunya ikut menjadi #PahlawanDigital untuk mengembangkan produk pemilik UMKM lokal! Pahlawan Digital merupakan program yang diinisiasi oleh Beon Intermedia, dimana produk UMKM yang belum Go Online akan dipertemukan dengan anak muda seperti kamu yang punya keahlian di bidang desain dan punya passion di bidang bisnis. Pahlawan Digital akan membantu produk UMKM untuk di re branding menjadi produk yang siap untuk bersaing secara Global. Nah, anak muda seperti kamulah salah satu yang akan membantu UMKM mengembangkan produk mereka. Gimana? Sudah siap kan? 🙂

Comments

comments